Monday, 4 May 2020

Soal dan Pembahasan Trigonometri

Nama: Alyssa Maharani (05)
Kelas: X IPS 2

Soal dan Pembahasan Trigonometri

3.7 Menyelesaikan cara merubah satuan pengukuran sudut trigonometri radian ke derajat, derajat ke radian

Contoh soal
Nyatakan sudut-sudut berikut dalam satuan derajad:
a) 1/2 π rad
b) 3/4 π rad
c) 5/6 π rad


Pembahasan
Konversi:
1 π radian = 180°
Jadi:
a) 1/2 π rad






b) 3/4 π rad





c) 5/6 π rad









Contoh soal
Nyatakan sudut-sudut berikut dalam satuan radian (rad):
a) 270°
b) 330°

Pembahasan
Konversi:
1 π radian = 180°
Jadi:
a) 270°


b) 330°









3.7 Menyelesaikan rasio trigonometri pada segitiga siku siku dan sudut istimewa
Ada 6 jenis perbandingan trigonometri, yaitu sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen. Perbandingan yang dimaksud adalah pada panjang sisi segitiga siku-siku.
















Pada segitiga ABCABC yang siku-siku di BB, berlaku
sin α=BCAC      csc α=ACBC    cos α=ABAC      sec α=ACAB   tan α=BCAB      cot α=ABBC


Sudut istimewa:











Contoh soal:
1. Diberikan sebuah segitiga siku-siku seperti gambar berikut ini.













Tentukan:
a) panjang AC
b) sin θ
c) cos θ
d) tan θ
e) cosec θ
f) sec θ
d) cotan θ

Pembahasan
a) panjang AC
Dengan phytagoras diperoleh panjang AC







b) sin θ







c) cos θ






d) tan θ







e) cosec θ





f) sec θ





g) cotan θ





2. Sebuah marka kejut dipasang melintang pada sebuah jalan dengan sudut 30° seperti ditunjukkan gambar berikut.









Jika panjang marka kejut adalah 8 meter, tentukan lebar jalan tersebut!

Pembahasan
Segitiga dengan sudut istimewa 30° dan sisi miring 8 m.













sin 30° = 1/2
sin 30° = BC/AC
BC/AC = 1/2
BC = 1/2 × AC = 1/2 × 8 = 4 meter

Lebar jalan = BC = 4 meter

3. Seorang anak berdiri 20 meter dari sebuah menara seperti gambar berikut.


















Perkirakan ketinggian menara dihitung dari titik A! Gunakan √2 = 1,4 dan √3 = 1,7 jika diperlukan.

Pembahasan
tan 60 ° adalah √3, asumsinya sudah dihafal. Sehingga dari pengertian tan sudut

Perkirakan ketinggian menara dihitung dari titik A! Gunakan √2 = 1,4 dan √3 = 1,7 jika diperlukan















Tinggi menara sekitar 34 meter.

3.7 Menyelesaikan nilai trigonometri pada suatu sudut segitiga siku siku pada koordinat kartesius

Besar sudut yang sesuai dengan gambar di bawah adalah ⋯⋅⋯⋅
Pembahasan
Sudut yang terbentuk searah dengan jarum jam, sehingga tandanya negatif, yakni −30
Karena satu putaran sama dengan 360
, maka −30 sama dengan (360−30)=330

Jadi, besar sudutnya adalah 330

3.7 Komposisi operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian

Rumus Trigonometri untuk Jumlah Dua Sudut dan Selisih Sudut











Rumus Trigonometri untuk Perkalian Sinus dan Cosinus
Rumus perkalian dari Sinus dan Cosinus diperoleh dari menjumlahkan dan mengurangi rumus dari sudut rangkap.

Rumus:
Jumlahkan  dengan







Dari perhitungan hasil diatas diperoleh:



Rumus Trigonometri untuk Penjumlahan dan Pengurangan Sinus dan Cosinus
Rumus trigonometri untuk penjumlahan dan pengurangan merupakan modifikasi dari bentuk perkalian Sinus dan Cosinus.


Pada modifikasi ini, kita cukup mensubtitusi 
menjadidan menjadi 
sehingga diperoleh:












Contoh Soal
Sederhanakah bentuk persamaan berikut 






Pembahasan
Penjabaran dari bentuk adalah
dimanasesuai identitas trigonometri, sehingga:






Untuk bentuk 
dengan menggunakan rumus sudut rangkap, diperoleh bentuk,,atau Untuk penyelesaian persamaan ini, kita gunakan bentuk


Sehingga persamaan menjadi:




Ketika tanda kurung dihilangkan, menjadi:



Bagi pembilang dan penyebut dengan , dan diperoleh bentuk: atau 


3.8 Menyelesaikan rasio trigonometri untuk sudut sudut di berbagai kuadran
Contoh Soal
Tentukanlah nilai dari sin 120°+cos 201°+cos 315°!
Pembahasan:
sin 120° berada pada kuadran 2, hingga nilainya tetap positif dengan besar sama seperti sin 120° = sin (180-60)° = sin 60° = 1/2 √3
cos 120° berada pada kuadran 3, hingga nilainya negatif dengan besar sama seperti cos 120° = cos (180+30)° = – cos 30° = -1/2 √3
cos 315° berada pada kuadran 4, hingga nilainya positif dengan besar sama seperti cos 315° = cos (360-45)° = cos 45° = 1/2 √2
3.8 Menyelesaikan rasio trigonometri untuk sudut sudut berelasi , sudut negative, dan sudut >360°

Rumus sudut berelasi:

Sudut Relasi Kuadran I
sin (90° − α) = cos α
cos (90° − α) = sin α
tan (90° − α) = cot α

Sudut Relasi Kuadran II
sin (90° + α) = cos α
cos (90° + α) = -sin α
tan (90° + α) = -cot α
sin (180° − α) = sin α
cos (180° − α) = -cos α
tan (180° − α) = -tan α

Sudut Relasi Kuadran III
sin (180° + α) = -sin α
cos (180° + α) = -cos α
tan (180° + α) = tan α
sin (270° − α) = -cos α
cos (270° − α) = -sin α
tan (270° − α) = cot α

Sudut Relasi Kuadran IV
sin (270° + α) = -cos α
cos (270° + α) = sin α
tan (270° + α) = -cot α
sin (360° − α) = -sin α
cos (360° − α) = cos α
tan (360° − α) = -tan α

Contoh Soal
Untuk perbandingan trigonometri berikut, nyatakanlah dalam perbandingan trigonometri sudut komplemennya
sin 20°
tan 40°
cos 53°
Pembahasan:
sin 20° = sin (90° − 70°)
= cos 70°
tan 40° = tan (90° − 50°)
= cot 50°
cos 53° = cos (90° − 37°)
= sin 37°

3.8 Menyelesaikan koordinat kutub (koordinat polar) ke koordinat kartesius, koordinat kartesius ke koordinat kutub (koordinat polar)
Mengubah koordinat kartesius menjadi koordinat polar
Perhatikan kembali gambar di atas, khususnya segitiga siku-siku dengan panjang sisi-sisinya x, y, dan r. Menurut teorema pythagoras, panjang ruas garis r dapat diperoleh dengan rumus sebagai berikut.

Masih pada segitiga siku-siku yang sama, berlaku perbandingan trigonometri berikut.
Kesimpulan
Jika diketahui koordinat kartesius (x,y), koordinat polar (r,α) dapat diperoleh dengan dengan aturan sebagai berikut. (r,α)=
dengan tan-1 merupakan invers tangen.

Mengubah koordinat polar menjadi koordinat kartesius
Perhatikan kembali segitiga siku-siku yang panjang sisi-sisinya x, y, dan r di atas. Pada segitiga siku-siku tersebut berlaku perbandingan trigonometri sebagai berikut.






Kesimpulan
Jika diketahui koordinat polar (r,α), koordinat kartesius (x,y) dapat diperoleh dengan aturan sebagai berikut. (x,y)=(r cos α,r sin α)
Contoh soal dan pembahasannya
Ubah koordinat kartesius (1,
) menjadi koordinat polar. Dari aturan di atas, kita peroleh koordinat polarnya.



Ubah koordinat polar (2,45°) menjadi koordinat kartesius.
Dari aturan di atas, kita peroleh koordinat kartesiusnya.







3.8 Soal cerita perbandingan trigonometri

Contoh soal
Seorang anak berdiri 20 meter dari sebuah menara seperti gambar berikut.

Perkirakan ketinggian menara dihitung dari titik A! Gunakan √2 = 1,4 dan √3 = 1,7 jika diperlukan.
Pembahasan
tan 60 ° adalah √3, asumsinya sudah dihafal. Sehingga dari pengertian tan sudut











Tinggi menara sekitar 34 meter.



3.9 Menyelesaikan aturan sinus diketahui 1 sudut dan 2 sisi & aturan sinus diketahui 2 sudut dan 1 sisi

Contoh soal
1. Diketahui suatu taman di tengah kota berbentuk segitiga sembarang. Jika sudut apit sebesar 60o dan dua sisi yang mengapitnya masing-masing panjangnya 18 meter dan 16 meter, maka luas taman tersebut adalah ….

Pembahasan

Untuk menentukan luas segitiga sembarang yang diketahui panjang dua sisi dan sudut antara kedua sisi tersebut dapat memanfaatkan fungsi sinus.




2.   Suatu segitiga ABC memiliki panjang AC = 8 cm. Jika besar  dan

 , maka panjang BC = … cm.

Pembahasan
Berdasarkan informasi yang diberikan pada soal, dapat diperoleh informasi seperti berikut ini.

Panjang BC dapat dicari menggunakan aturan sinus.






















3.9 Menyelesaikan aturan cos ditanya sisi dan aturan cos ditanya sudut

Contoh Soal

    1. Pada suatu segitiga dengan sisi-sisi a, b, dan c memenuhi. Maka besar sudut A adalah ….

Pembahasan

Diketahui:
Sehingga


Salah satu rumus cosinus adalah:


Berdasarkan dua persamaan di atas, akan diperoleh nilai cos A.


















    2. Segitiga ABC diketahui panjang sisi a = 5 cm, panjang sisi c = 6 cm dan besar sudut B = 60º. Tentukan panjang sisi b!
Pembahasan
Diketahui:
a = 5 cm
c = 6 cm
B = 60º
Ditanya: b?
Jawab:
 b2 = a2 + c2 - 2ac cos B
 b2 = 52 + 62 - 2(5)(6) cos 60º
 b2 = 25 + 36 - 60 (0,5)
 b2 = 61 - 30
 b2 = 31
 b = 5,56 cm
Jadi, panjang sisi b adalah 5,56 cm


3.9 Menyelesaikan luas segitiga jika diketahui: 1 sudut 2 sisi, 3 sisi, 2 sudut 1 sisi
















·       Rumus luas segitiga yang diketahui 2 sisi dan sudut yang diapit nya











·       Rumus luas segitiga yang diketahui ketiga sisinya







Contoh soal
Tentukan luas segitiga ABC jika diketahui panjang sisi-sisinya adalah a=2, b=3, dan c=4

Jawaban


3.10 Menyelesaikan gambar fungsi trigonometri f(x) = sin x, f(x) = cos x, f(x) = tan x, f(x) = csc x, f(x) = sec x, f(x) = cot x


1. Grafik fungsi y = f(x) = sin x


2. Grafik fungsi y = f(x) =  cos x

3. Grafik fungsi y = f(x) =  tan x

4. Grafik fungsi y = f(x) =  cotan x

5. Grafik fungsi y = f(x) =  sec x

6. Grafik fungsi y = f(x) = cosec x

3.7 Menyelesaikan sudut elevasi dan sudut depresi



11      Tentukan tinggi tiang bendera jika Ani berdiri 10 meter dari sebuah tiang bendera. Ani melihat puncak tiang bendera dengan sudut elevasi 45° dan tinggi badan Ani 1,5 m!

Penyelesaian:

Tinggi menara = tinggi ani + 10 . tan 45°= 1,5 + 10 . 1= 11,5
Jadi, tinggi menara 11,5 m.

  2.     Sebuah kapal penyelamat dengan menggunakan sonar Dapat menentukan bahwa sudut depresi ke kapal yang tenggelam adalah 35° di dasar laut.Diketahui kedalaman laut 40 m.Berapa jauh seorang penyelam dari kapal yang tenggelam tersebut?
Penyelesaian:
Kedalaman / Tinggi = 40 m
sudut depresi = sudut Elevasi = 35 °
Sin35 ° = Kedalaman (Tinggi) / Jarak
=> 0,57 = 40 / Jarak
=> Jarak = 70 m
70 m  jauh seorang penyelam dari kapal yang tenggelam tersebut

3.10 Menyelesaikan fungsi trigonometri dengan menggunakan lingkaran satuan untuk menentukan periode maksimum dan minimum
1. Periode fungsi sinus dan kosinus
Untuk penambahan panjang busurdengan kelipatan (satu putran penuh) akan diperoleh titik p(a) yang sama, sehingga secara umum berlaku :
dengan kB atau
dengan k
dengan kB atau
 dengan kB



Dengan demikian, fungsi sinus  atau dan fungsi kosinus  atau  adalah fungsi periodik dengan periode dasar  atau


 2. Periode fungsi tangen
Untuk penambahan panjang busur  dengan kelipatan (setengah putran penuh) akan diperoleh titik yang nilai tangennya sama untuk kedua sudut tersebut, sehingga secara umum 
dengan  atau dengan 


Dengan demikian tangen atau adalah fungsi periodik dengan periode  atau 
Nilai Maksimum dan Minimum Fungsi Trigonometri
Untuk setiap titik P(x,y)pada fungsi trigonometri memiliki hubungan :
 dan 
dan 
dan 

Nilai maksimum dan minimum fungsi sinus
  • Fungsi sinus y =f(x) = \sin x memiliki nilai maksimum y_{maks} = 1 yang dicapai untuk x =\frac{1}{2}\pi + k \times 2\pi dengan k \epsilon B dan nilai minimum y_{min} = -1 yang dicapai untuk x = \frac{3}{2}\pi + k \times 2\pi dengan k \epsilon B.
  • Fungsi sinus y = f(x) = \sin x^{\circ} memiliki nilai maksimum y_{maks} = 1 yang dicapai untuk x = 90^{\circ} + k \times 360^{\circ} dengan k \epsilon B dan nilai minimum y_{maks} = -1yang dicapai untuk x = 270^{\circ} + k \times 360^{\circ}dengan k \epsilon B.
Nilai maksimum dan minimum fungsi kosinus
  • Fungsi kosinus y = f(x) = \cos x memiliki nilai maksimum y_{maks} = 1 yang dicapai untuk x =k \times 2\pi dengan k \epsilon B dan nilai minimum y_{min} = -1 yang dicapai untuk x = \pi + k \times 2\pi dengan k \epsilon B.
  • Fungsi kosinus y = f(x) = \cos x^{\circ} memiliki nilai maksimum y_{maks} = 1 yang dicapai untuk x = k \times 360^{\circ} dengan k \epsilon B dan nilai minimum y_{min} = -1 yang dicapai untuk x = 180^{\circ} + k \times 360^{\circ} dengan k \epsilon B.
  1. Jika fungsi sinus y = f(x) = a \sin (bx + c) + d, maka nilai maksimumnya y_{maks} = \mid a\mid + d dan nilai minimumnya y_{min} = -\mid a\mid + d
  1. Jika fungsi kosinus y = f(x) = a \cos (bx + c) + d, maka nilai maksimumnya y_{maks} = \mid a\mid + d dan nilai minimumnya y_{min} = -\mid a\mid + d


Secara umum dapat dikemukakan bahwa :
Jika y = f(x) adalah fungsi periodik dengan nilai maksimum y_{maks} dan minimum y_{min}, maka amplitudonya adalah :
Amplitudo = \frac{1}{2}(y_{maks}- y_{min})



















































































































































No comments:

Post a Comment

Pendapat Pembelajaran Secara Daring

Menurut saya kegiatan pembelajaran jarak jauh itu memiliki memiliki masing-masing dampak secara positif maupun negatif. Dampak positif posti...